Rasa Kidung, Engwang Suksma Adiluhung, Yang Widhi, Oleh Kridaning Gusti, Gelar Gulung Kersaning Kang Maha Kuasa - "REYOG"

4/19/2014

Slompret Reyog

Keunikan dibalik tangisan si Banaspati... Kali ini saya akan bercerita tentang sebuah alat musik tradisional yang penuh misteri. alat tersebut adalah "Slompret Reyog".

Kenapa disebut unik? 

Kalo diperhatikan secara detail instrumen ini ternyata memiliki banyak keunikan salah satunya adalah suaranya yang melengking. instrumen ini yang membuat pertunjukan Reyog menjadi angker, karena instrumen Slompret menggambarkan irama kesedihan yang dipadukan dengan irama semangat dari Kempul Kenong maka terciptalah suatu irama yang aneh tapi menarik.


"Slompret" terdiri dari beberapa komponen, pada umumya adalah kayu Mentaos sebagai Cepor, tabung bambu tangga nada, kerucut Stainless sebagai Petingan pada tiupanya, kemudian Lambe sebagai pembatas serta Kepikan sebagai penghasil bunyi.
Kemudian keunikan yang kedua adalah suaranya yang mengalun terus-menerus tanpa henti, kog bisa terus bunyi? terus niupnya gimana? apa peniupnya memiliki nafas yang sangat panjang? :) Tentu tidak, karena ada teknik yang bisa dipelajari dan semua orang sebenarnya bisa melakukanya.


Keunikan ketiga adalah Slompret Reyog memiliki tangga nada/laras yang unik yang disebut Pelog Slendro, yaitu gabuangan nada Pelog dan Slendro (Pentatonis). Sehingga dapat dimainkan dalam Laras Pelog dan Laras Slendro seperti pada Karawitan Jawa. Bahkan kenyatanya Slompret bisa menbawakan banyak jenis lagu mulai dari langgam, dangdut, pop sampai melayu. (doc.AB)

No comments:

Post a Comment

. . . salam damai dan terima kasih atas komentar dari sobat blogger . . .