Rasa Kidung, Engwang Suksma Adiluhung, Yang Widhi, Oleh Kridaning Gusti, Gelar Gulung Kersaning Kang Maha Kuasa - "REYOG"

8/11/2010

Air Terjun Selorejo

Selamat datang di Ponorogo - Ponorogo bagian timur terkenal karena memiliki panorama alamnya. Yang paling terkenal adalah Telaga Ngebel. Selain Telaga Ngebel yang mempunyai mitos di balik keindahannya, terdapat juga tempat wisata lain yang tak kalah untuk dijadikan alternatif tujuan wisata ketika berkunjung ke Ponorogo. Tempat wisata tersebut adalah sebuah air terjun. 

Penduduk setempat memberi nama "Selorejo". Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari  telaga. Pengunjung yang sedang berada di Telaga dapat langsung menuju ke air terjun. Dengan menelusuri jalan naik yang berada di timur lapangan utama telaga

Telaga Ngebel dari Desa Gondowido
Panorama di perjalanan
Untuk menuju air terjun memang membutuhkan waktu dan tenaga. Jalan yang rusak terkadang membuat malas.  Memang untuk masalah memfasilitasi tempat wisata baru, pemerintah Ponorogo masih belum maksimal. Semoga dengan terpilihnya bupati baru ini pembangunan fasilitas tempat wisata lebih maksimal. Tetapi panorama di perjalan menuju air terjun juga tak kalah mempesona. Telaga Ngebel terlihat mempesona dari Desa Gondowido yang terletak di jalan menuju air terjun. Selain itu pegunungan bagian timur yang alami memanjakan mata dengan panoramanya 

Air Terjun Selorejo Atas











Air terjun Selorejo menyimpan keunikan tersendiri. Dalam satu aliran terdapat dua air terjun yang berbeda panoramanya. Air Terjun Selorejo Atas (Ibu) memiliki ukuran yang lebih besar daripada Air Terjun Selorejo Bawah (Anak). Selorejo Atas memiliki tebing yang dapat di panjat. Tetapi hati-hati ketika memanjat karena licin. Air yang alami dari sumber, jernih dan dingin menjadi daya tarik tersendiri. Memanjakan pengunjung yang ingin bermain air atau mandi. Panorama hutan yang mengelilingi air terjun menambah sejuk suasana. Pohon-pohon yang menjulang tinggi melindungi pengunjung dari terik ketika tengah hari. Membuat pengunjung betah berlama-lama berwisata di sana.

Air Terjun Selorejo Bawah
Berbeda dengan Selorejo Atas (Ibu), Selorejo Bawah (Anak) memiliki tebing yang curam sehingga air jatuh deras menuju ke bawah. Hutan yang rindang juga membuat pengunjung betah. Apalagi bagi kaum muda yang sedang dilanda asmara. Air Terjun Selorejo menjadi tempat tujuan kencan utama. Setiap musim liburan Air Terjun Selorejo ramai akan pengunjung yang berwisata melupakan sejenak kepentingan di rumah, sekolah dan kantor.

Bagi pengunjung harap hati-hati jika datang hujan. Debet  air yang besar menyebabkan air jatuh besar pula sangat deras.

1 comment:

Anonymous said...

mantab dah air terjune...

Post a Comment

. . . salam damai dan terima kasih atas komentar dari sobat blogger . . .